Pages

2.02.2011

Skala Peta dan Resolusi Citra Raster

Saya yakin jika anda sering berkecimpung di dunia per-Remote Sensing-an, suatu saat muncul pertanyaan entah dari diri sendiri, kolega (dibaca: koleha :-p), bos, atau client, Berapa resolusi citra yang saya butuhkan supaya saya bisa mendeteksi feature X di dalam nya? Anda tidak usah menebak angka nya, karena ada model matematika untuk skala peta dan resolusi citra.

Tahun 1987, Bapak Waldo Tobler, seorang kartografer yang cukup disegani (sekarang professor emeritus dari University of California-Santa Barbara) menulis:

"The rule is: divide the denominator of the map scale by 1000 to get the detectable size in meters. The resolution in one half of this amount"

Terjemahan kasarnya: Bagi skala pembagi dalam peta dengan angka 1000 untuk mendapatkan ukuran terkecil yang dapat diteksi dalam meter. Resolusi nya adalah setengan dari nilai tersebut.

Beliau juga menambahkan catatan "Tentu saja para kartografer itu "berbohong". Mereka membuat feature yang terlalu kecil untuk dideteksi, tapi memunculkannya di dalam peta karena tingkat kepentingan nya. Tapi cara ini tak bisa dilakukan untuk segalanya agar sebagian besar feature yang lebih kecil dari resolusi citra (yang memang tidak diperlukan - red) "dibuang" dari peta. Ini yang mebuat resolusi spasial dari sebuah citra sangat critical"

Saya permudah ilustrasi ini dengan menggunakan tabel, Resolusi yang sesuai dengan skala peta yang anda butuhkan atau sebaliknya.

diambil dari sini 

Contoh!
Jika anda bingung, tidak yakin, dan ragu ragu resolusi citra yang anda butuhkan untuk mendeteksi feature dalam skala peta 1:50.000, dengan menggunakan rumus mas Tobler diatas, anda dapat memutuskan untuk menggunakan citra beresolusi 25m [50000/(1000*2)] akan cukup mengakomidir kebutuhan anda.

Dengan cara yang sama, jika anda ingin tahu skala peta yang dapat dihasilkan dari sebuah citra yang resolusi nya diketahui, dapat menggunakan rumus dibawah:
Skala Peta = Resolusi citra (dalam meter) *2 * 1000 
Dan dengan rumus diatas pula, kita dapat mengetahui jumlah minimum piksel yang dibutuhkan untuk mendeteksi feature tertentu. Anggap anda memiliki citra dengan resolusi 1 m. Maka anda dapat melihat feature dalam peta yang memiliki skala 1:2000

Ini akan sangat membantu jika anda akan menggunakan citra satelit sebagai sumber data atau malah sudah punya citra tapi bingung berapa skala peta yang dapat anda hasilkan.

Semoga rumus sederhana ini (yang kadang kadang lupa di saat saat penting) akan membantu disaat anda ingin mendigitasi features dari sebuah citra.

*feature : istilah di GIS untuk sebuah unsur di muka bumi yang unik (misal feature pohon, jalan, persil rumah, etc) 

Sumber:
Tobler, Waldo. 1987. "Measuring Spatial Resolution", Proceedings, Land Resources Information Systems Conference, Beijing, pp. 12-16.

Tobler, Waldo. 1988. "Resolution, Resampling, and All That", pp. 129-137 of H. Mounsey and R. Tomlinson, eds.,Building Data Bases for Global Science, London, Taylor and Francis.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Poskan Komentar